Program Database Gratis Sistem Informasi Proyek

Alhamdulilah kita bisa berjumpa lagi. Pada kesempatan ini saya akan sharing satu lagi program baru yang sederhana hasil kreasi saya yang saya namakan Program Database Sistem Informasi Proyek (PDSIP) yaitu berupa program database menggunakan aplikasi microsoft access. jadi program ini bisa dijalankan dengan Ms. Access.

Mungkin anda bertanya-tanya program apa sih ini? sebelum saya menjawab pertanyaan tersebut saya akan mencoba menceritakan sedikit kronologi kenapa saya menciptakan PDSIP ini. Hal ini berawal ketika saya telah jenuh dan capek dengan salah satu pekerjaan saya yaitu pembuatan laporan keuangan proyek yang saya kerjakan secara manual (he...he...maklum belum punya sekretaris pribadi), dimana setiap kali kita akan mengetahui laporan-laporan proyek, seperti berapa total dana yang dihabiskan untuk proyek A, proyek B dan proyek Z?, Berapa alokasi yang dihabiskan untuk pembayaran tenaga, pembelian bahan, pajak-pajak, akomodasi, transportasi dll? wah kalau sudah begini bikin stress ...karena saya harus membongkar balik berkas-berkas laporan pembukuan yang sudah kucel,berdebu,sobek,mana tulisannya sudah seperti tulisan resep obat yang kita dapat dari dokter kita, belum nanti saya harus memilah dan memilih data mengkategorikan jenis-jenis pengeluaran , menghitung, mengalikan dan menjumlah dengan kalkulator butut yang sudah samar-samar tulisan di keypadnya...wadoowww...pusiiiiiiiiiiiiiiiiing, begitu kalau pegy melati sukma bilang...he..he. (Lebay kali ya saya cerita seperti ini ya :-) )

Nah berawal dari cerita diatas maka saya punya inisiatif gimana ya cara membuat program yang bisa memperingan pekerjaan saya itu? mungkin saya akan merasa enak kalau saya punya program seperti program-program yang saya lihat di kasir-kasir took toko dan supermarket, saya coba deh...browsing di internet ehhh ternyata saya dapatkan juga program tersebut tapi kok.... tidak seperti yang saya harapkan, selaian itu kebanyakan program tersebut bersifat trial aja dan kalau ingin menggunakan program yang full version kita harus transfer dulu ke rekening si pembuat program tersebut...huff... mana uang di dompet dah menipis tinggal lima lembar saja itu pun Cuma uang sepuluh ribuan. padahal program tersebut harganya bisa ratusan ribu...he..he...kasihan deh saya. Akhirnya saya berpikiran ahh...saya buat aja sendiri programnya dengan menggunkan program Visual basic dan membeli buku panduannya, setelah saya buka buku tersebut jreng..jreng..jreng...jreng bahasa pemrogramannya kok sulit sekali dan tidak bisa diterima oleh otak saya he...he..maklum oon :-).dari pada tambah stres saya mencoba memperdalam Ms. Access yang sudah pernah saya pelajari sebelumnya dan ternyata setelah sekian lama saya otak-atik jadilah program PDSIP ini dan insya Allah program ini akan saya coba untuk diaplikasikan untuk pelaporan keuangan proyek pada tahun ini (Th 2010) untuk mempermudah pelaporan proyek.

nahhhh... sekarang sedikit-demi sedikit sudah terjawab..kan! pertanyaan diatas tadi. Jadi Program Database Sistem Informasi Proyek (PDSIP) Ini yaitu sebagai program untuk pelaporan keuangan, bukan hanya pelaporan proyek saja program ini bisa digunakan juga untuk anda-anda yang sering membukukan transaksi keluar masuk kas (Cashflow).

Dalam program ini anda bisa :

1. Menambahkan data-data yang terlibat dalam transaksi seperti Nama karyawan, Nama Toko, Nama Proyek dll
2. Membuat pengkategorian pengeluaran
3. Memisah-misahkan pos-pos pengeluaran
4. Merekap nota-nota Bon dan Pelunasannya
5. Membuat laporan-laporan
6. Membuat kwitansi pembayaran
7. Pencarian data-data yang sudah diinput sebelumnya
8. Membukukan pengalaman pekerjaan untuk digunaakan sebagai referensi berikutnya
9. dll
Bagaimana? tertarik? kalau anda berminat bisa di download dengan cara Klik disini
terima kasih atas perhatiannya

Wassalamualaikum

Info lebih lanjut klik http://www.arifbudihandoyo.blogspot.com

7 komentar:

Arif blogituloh mengatakan...

Agar program berjalan dengan lancar gunakan Ms. Access 2003, krn kalau menggunakan access 2007 harus ada penyesuaian disana-sini 8-}

ryan mengatakan...

Asslamualaikum,

Mas bisa saya minta source codenya ngak??

Dan saya mohon izin agar bisa mengoprek programnya agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan tempat saya kerja.

ryan mengatakan...

mas ngak bisa didownload tuh programnnya??

Arif blogituloh mengatakan...

@ Ryan : Monggo silakan aja diotak-atik programnya, disini tidak ada source codenya soalnya cuma make Ms acces aja kok, gak make bahasa pemrograman,selama ini bisa jalan di Ms acces 2003, kalo di Ms access 2007 ada makro yang tdk bisa jalan jadi perlu edit sana-sini.

Arif blogituloh mengatakan...

@Ryan : Saya coba bisa kok di downlaod, downloadnya jangan make download manager, soalnya ziddu tidak ngedukung download manager

Anonim mengatakan...

Mas izin donlot ya......terima kasih?

SEC DATA SOLUTION (SDS) mengatakan...

Saya suka ini..

Posting Komentar