Museum Jawa Ullen Sentalu Kaliurang


The Museum provides multifaceted venues in inspiring a romantic nuance and discovering the hidden treasures inside an encyclopedia of the ancient virtues.Immerse yourself in the exploration inside the Javanese myths and legends at the Historical district of Kaliurang


(demikian kata-kata prolog yang terdapat dalam tiket masuk)



Ullen Sentalu begitu nama museum jawa itu disebut adalah salah satu obyek wisata yang dikelola oleh swasta yang terletak di kawasan tempat wisata Kaliurang Jogjakarta tepatnya di daerah kaliurang barat sebelah barat dari objek wisata Tlaga Putri kaliurang dengan jarak tempuh menggunakan kendaraan kira-kira memakan waktu 5 menit dari telaga putri tersebut. Dengan lokasi yang agak menjorok kedalam dari jalan raya sehingga banyak dari wisatawan kaliurang yang tidak mengetahuinya. Dan mungkin itu termasuk anda.....!. Padahal museum ini sangat menarik untuk dikunjungi baik oleh wisatawan domestic maupun wisatawan asing yang ingin mengetahui segala sesuatu yang berkaitan dengan tradisi jawa terutama tradisi kerajaan mataram dari waktu ke waktu sehingga mataram dapat terpecah menjadi empat seperti pada masa sekarang ini.


Daya tarik museum ini selain dari tata ruang bangunan yang bernuansa jawa yang begitu exotis dan mistis terbuat dari batu-batu gunung yang ditata rapi menyatu dengan lingkungan kaliurang yang begitu sejuk, juga karena museum ini banyak menyimpan cerita-cerita, tradisi-tradisi kerajaan mataram, barang-barang peninggalan keluarga kerajaan, transkrip-transkrip yang tersembunyi yang belum pernah di explore oleh siapapun, lukisan-lukisan tiga dimensinya yang sangat mengagumkan. koleksi benda-benda purbakala, dan koleksi bermacam-macam jenis batik seperti batik jogja, batik solo, batik pesisiran dan masih banyak batik-batik yang lain beserta dengan motif dan filosofinya.


Dengan tiket masuk sebesar Rp. 15.000 untuk pelajar Rp. 25.000 untuk umum , dan Rp. 50.000 untuk wisatawan asing anda tidak akan rugi dan dijamin puas karena anda akan menjelajahi setiap sudut museum selama kurang lebih hampir satu jam ditemani oleh guide yang ramah dan akan menjelaskan kepada anda semua tentang koleksi-koleksinya yang akan membuat anda takjub dan terperanga sehingga anda akan mengucapkan kata-kata “oooooooooo….baru tahu saya”, kalau anda tidak percaya silakan dibuktikan sendiri, itu setidaknya pengalaman kami waktu berkunjung ke museum ini, dan ternyata bukan cuma kami, pengunjung lain yang kebetulan bersama dengan kami saat itu yaitu anak-anak ITB juga demikian :-).., dan jika beruntung anda akan mendapatkan setengah gelas kecil minuman khas ramuan resep dari Ratu emas yang konon bisa membuat awet muda (Kalau yang ini saya tidak berani menjamin karena itu kekuasaan Allah)


Sayangnya anda tidak boleh mengambil gambar dengan kamera anda karena dilarang untuk mengambil gambar kecuali kalau kita sudah selesai tour boleh berfoto-foto di luar museum sambil berbelanja bermacam-macam kerajinan-kerajinan dari batik tulis asli dan kaos-kaos Ullen Sentalu yang terdapat di cafeteria.


demikian sedikit yang bisa saya ceritakan, mungkin anda ada yang tertarik kapan-kapan jika sedang liburan ke Jogja khususnya Kaliurang jangan lupa mampir di Museum Jawa Ullen Sentalu, asalkan bukan hari senin karena museum libur di hari tersebut.


Ullen sentalu Museum / Museum Jawa

Alamat : Kaliurang Yogyakarta – Indonesia

www.ullensentalu.com

email : info@ullensentalu.com

Fax. (62-274) 881743


di tulis oleh arifblogituloh


www.arifbudihandoyo.blogspot.com

Bookmark and Share




2 komentar:

Indoor and Outdoor Information Technology mengatakan...

lengkap euy......maksudnya kt2 dari ullen sentalu

Arif blogituloh mengatakan...

He..he..iya nih.. ;))

Posting Komentar